Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sintang, 2007-2012 (persentase)

2007 5.16 %
2008 4.70 %
2009 5.38 %
2010 5.19 %
2011* 5.45 %
2012** 5.82 %
*angka sementara
**angka sangat sementara

Selamat Datang di Website Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang



» Tentang BPS









Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang

Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo Sintang 78612

Telp/Fax. (0565) 21704 Email:bps6107@bps.go.id

A. Visi BPS
Visi BPS Kabupaten Sintang 2010-2014
dibagun dengan memperhatikan berbagai kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan tantangan yang dihadapi dari pihak luar dengan landasan pemikiran proaktif. Pembangunan nasional dibidang statistik diarahkan agar mampu mengakomodasi berbagai tantangan yang berkembang, seperti reformasi yang mendukung keterbukaan informasi, otonomi daerah yang mengandung tantangan keragaman data dan informasi yang mengarah kepada peningkatan kemudahan akses masyarakat akan data dan informasi, serta memperhatikan kesiapan SDM penyelengara statistik dan kecenderungan pembatasan akses terhadap data terhadap data dari responden/objek kegiatan statistik.
Dengan memperhatikan berbagai hal tersebut. Maka Visi PBS Kabupaten Sintang 2010-1014 mengacu pada Visi BPS sebagai berikut:
"Pelopor data statistik terpecaya untuk semua"
"the agent of trutsworthy statistical data for all"
BPS adalah lembaga pemerintah yang mempunyai tugas pokok menyediakan dan melakukan koordinasi ketersedian data dan informasi statistik pada lingkup nasional maupun daerah. Kata "PELOPOR" mempunyai makna bahwa BPS sebagai pencetus ide penyedia "data statistik yang terpecaya" yaitu statistik yang mengambarkan keadaan yang sebenarnya. Kata "untuk semua" dimaksudkan bahwa semua pihak mempunyai hak yang sama untuk mengakses data PBS (impartial).
Dengan visi tersebut eksistensi BPS  sebagai penyedia data dan informasi statistik menjadi semakin penting, karena dapat dipercaya semua pihak. BPS  bukan hanya bagian dari pemerintah tapi juga bagian dari keseluruhan masyarakat dan aspek kehidupan. Disamping itu, visi  ini juga memberikan ruang yang cukup bagi peran serta dalam menyediakan,memanfaatkan, dan menggunakan data dan informasi statistik.
Proses penyediaan data dan informasi statistik yang dihasilkan BPS menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat yang disebarluaskan melalui berbagai cara agar pemanfaatanya berdaya jangkau luas,didalam maupun luar negeri.
B. Misi BPS
Pernyataan misi merupakan penjabaran serta rencana pelaksanaan program dan kegiatan agar mampu mencapai visi yang sudah ditetapkan.
Berdasarkian visi BPS, maka misi pembangunan nasional statistik Indonesia mencakup:
  1. Memperkuat landasan konstitusional dan operasiaonal lembaga statistik untuk penyelenggraan statistik yang efektif dan efesian;
  2. Menciptakan insan statistik yang kompeten dan profesional dan didukung pemanfaatan teknologi informasi mutakir untuk memajukan perstatistikan Indonesia;
  3. Meningkatkan penerapan standar klafikasi,konsep dan defenisi. Pengukuran, dan kode etik statistik yang bersifat universal dalam setiap penyelenggarakan Statistik;
  4. Meningkatakan kualitas pelayanan informasi statistik bagi semua pihak;
  5. Meningkatkan koordinasi,intergrasi dan singkronisasi kegiatan statistik yang diselenggrakan pemerintah dan swasta,dalam kerangka Sistem Statistik Nasional (SSN) yang efektif dan efesien.
Misi pertama merujuk pada filosofi dasar bahwa untuk mewujudkan visi, BPS Memerlukan landasan hukum yanfg kuat. Ssat ini perubahan yang mendasar yang menuju pada pentingnya peninjauan pada Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 tentang statistik.
Misi kedua,SDM dan teknologi dan komunikasi (TIK) menjadi dua pilar penting dalam penyelennggaran SSN. BPS melalui STIS menghasilkan SDM yang profesional di bidang statistik dan komputasi statistik. Dengan dukungan TIK, maka SDM yang ada mampu mengimplemitasikan SSN secara efektif dan efesien.
Misi ketiga adalah, BPS dalam menyelenggrakan statistik nasional mengacu pada 10 prinsip dasar yang direkomendasikan PBB, yang diantaranya bahwa BPS harus menghasilkan data yang didasarkan pada metodologi yang dapat dipertangung jawabkan secara ilmiah.

Misi keempat adalah BPS  sebagai pelayanan publik dituntut untuk memberikan pelayanan prima. Misi ini menjadi bagian penting dan strategis dalam mewujudkan visi BPS, yaitu sebagai pelopor penyedia data dan informasi statistik untuk semua.

Misi kelima adalah BPS sebagai penaggung jawab terlaksananya SSN, perlu melakukan koordinasi, intregrasi, dan singkronisasi dengan efektif dan efesien.

C. Tujuan

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik mengamanatkan BPS untuk menyediakan data dan informasi statistik pada skala nasional maupun regional, serta melakukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan standarisasi dalam penyelenggaraan statistik.

Tujuan utama dalam pembangunan nasional di bidang statistik lima tahun ke depan adalah meningkatkan ketersediaan data dan informasi statistik yang berkualitas serta pelayanan prima dalam rangka mewujudkan SSN yang andal, efektif, dan efisien. Untuk itu, BPS perlu meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, integrasi, sinkronisasi, dan standarisasi kegiatan statistik.

Dalam rangka mengantisipasi lingkungan strategis yang berkembang, maka pembangunan statistik dilakukan melalui reformasi birokrasi dengan menerapkan program Statcap CERDAS (Statistical Capacity Building - Change and Reform for Development of Statistics in Indonesia). Empat pilar reformasi birokrasi dilakukan dalam tempo 2010-2014, meliputi:(i). Peningkatan kualitas data, (ii). Pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, (iii). Penguatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta sarana kerja, dan (iv). Penguatan kelembagaan dan hubungan dengan sumber data dan pengguna data.
KEGIATAN BPS
1.
PENGUMPULAN DATA
BPS melakukan kegiatan
pengumpulan data melalui sensus, survei antar sensus, survei sektoral/lintas
sektoral, studi khusus dan kompilasi catatan administrasi/data sekunder.
BPS melakukan 3 sensus:
  1. Sensus penduduk/SP (pada tahun berakhiran 0)
  2. Sensus Pertanian/ST (pada tahun berakhiran 3)
  3. Sensus Ekonomi/SE (pada tahun berakhiran 6)
Setiap kegiatan sensus selalu diawali dengan Sensus Potensi Desa (PODES).
Kegiatan survei BPS antara lain:
Susenas, Sakernas, SDKI/survei Demografi dan Kesehatan Indonesia, SUSI/Survei Usaha Terintegrasi, Survei Pertanian, Survei Industri, Survei Biaya Hidup, Survei Harga Konsumen/Produsen, dll.
Dari kompilasi catatan administrasi/data sekunder yang diperoleh BPS Kabupaten Sintang, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Setempat menyusun Kecamatan Dalam Angka dan Kabupaten Sintang Dalam Angka, yang merupakan publikasi berisikanpotensi daerah yang dapat digunakan untuk perencanaan dan evaluasi sekaligus data statistik yang dibutuhkan oleh pengguna data statistik.
2.
PENGOLAHAN DATA
Hasil Pengumpulan Data yang dilakukan oleh perwakilan BPS di tiap kecamatan (KSK) yang masih merupakan data mentah akan diolah di kantor BPS Kabupaten.
Hasil pengolahan data siap disajikan dan dan dipublikasikan untuk digunakan oleh pengguna data statistik, baik pemerintah, swasta, maupun perorangan.
BPS Kabupaten Sintang secara berkesinambungan berusaha meningkatkan sarana pengolahan dan penyajian informasi statistik, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.
3.
PENYAJIAN DATA
Selain penyajian secara konvensional yaitu publikasi dalam bentuk cetakan/hard copy. BPS Kabupaten Sintang juga menyediakan informasi statistik dalam format soft copy berupa rekaman data.
Dengan demikian diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih sempurna, cepat, dan akurat sehingga dapat dimanfaatkan semua kalangan konsumen pengguna data statistik.
4.
LAYANAN KONSUMEN
BPS Kabupaten Sintang menyediakan berbagai informasi statistik, baik untuk daerah sintang pada khususnya, maupun Kalimantan Barat pada umumnya.
Setiap hari kerja, BPS Kabupaten Sintang siap melayani kebutuhan masyarakat akan informasi statistik, melalui:
Kunjungan langsung ke kantor BPS Kabupaten Sintang, e-mail, telepon, faximile, atau surat.
Bantulah Petugas BPS Dengan memberikan jawaban yang lengkap dan benar dengan memberikan informasi yang lengkap dan benar, anda turut mewujudkan perencanaan pembangunan yang tepat sasaran data mencerdaskan bangsa


Langganan RSS

/ /



055623

Pengunjung hari ini : 19
Total pengunjung : 7849

Hits hari ini : 42
Total Hits : 55623

Pengunjung Online: 1



Berita Yang Anda Cari?

Geografi dan Iklim
Pemerintahan
Penduduk dan Ketenagakerjaan
Sosial
Pertanian
Perindustrian dan Energi
Perdagangan
Transportasi, Komunikasi dan Pariwisata
Pendapatan Regional
Keuangan dan Harga
Pengaluaran Penduduk
Kemiskinan
Perbandingan Antar Kecamatan

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan